Kesan Pertama Drama Korea: Secret Royal Inspector Joy

Saya menonton drama ini hanya karena Ok Taecyeon, so please bear with me kalau tulisan kesan pertama ini penuh dengan kebucinan kekaguman akan Oppa. Hahaha.

출발!

Setelah berperan antagonis di drama Korea “Vincenzo”, Taecyeon kembali hadir dalam drama sageuk bergenre komedi. Sungguh sebuah berkah dan angin segar setelah banyak penggemar Taecyeon stres melihat karakternya yang sadis nggak ketulungan sebagai bos perusahaan farmasi bernama Babel.

Please jangan ketipu wajah polosnya sebagai intern Jang Joon Woo. Sebagai Jang Han Seok pemimpin Babel, Taecyeon berperan sebagai seorang psikopat tulen.

Di dalam drakor terbaru yang ditayangkan oleh VIU “Secret Royal Inspector Joy”, Taecyeon berperan sebagai Ra Ian, seorang pegawai pemerintah yang lebih suka memasak daripada mengurus administrasi negara.

Ra Ian yang lebih memedulikan isi kotak makan siangnya daripada bekerja baik-baik untuk negaranya.

Dia juga lebih menyukai pisau dapur daripada pedang, sehingga dia selalu ogah-ogahan jika diajak berlatih bela diri oleh putera mahkota yang diperankan oleh Lee Joon Hyuk. Ra Ian dan putera mahkota diceritakan sangat dekat seperti kakak beradik kandung.

Joseon pada jaman itu sangat korup. Kekuasaan dan kekayaan berpusat di Hanyang (nama untuk ibukota Seoul pada masa lampau). Pegawai pemerintah menggelapkan pajak dan upeti bagi raja. Perbudakan ada di mana-mana dan kemiskinan merajalela.

Apakah rajanya bersikap adil dan bijaksana? Tentu tidak. Meskipun tidak disebutkan namanya, untuk mencegah distorsi sejarah dan protes besar-besaran ke Cheongwadae, raja digambarkan sebagai seorang tirani, seorang sosok yang juga korup dan tutup mata terhadap korupsi anak buahnya.

Untuk menumpas kejahatan di daerah, Hanyang secara rutin mengirimkan secret royal inspector ke semua daerah di bawah kekuasaan Joseon. Banyak secret royal inspector yang dikabarkan mati atau tidak diketahui keberadaannya. Melalui sebuah undian, Ran Ian mendapat penugasan itu, walaupun cita-citanya sederhana: membuka restoran yang menjual dumpling.

Sejak semula drama ini menguarkan aura jenaka. Ra Ian ditunjukkan memiliki dua pegawai yang selalu mengintilnya ke mana pun dia pergi, termasuk mengikutinya ketika ditugaskan ke Provinsi Chungcheong yang terpencil.

Di saat bersamaan terjadi peristiwa besar di Provinsi Chungcheong: seorang wanita berusia 24 tahun meminta cerai setelah menikah selama 3 tahun. Dia adalah Kim Jo Yi (Kim Hye Yoon) yang menikah karena dijodohkan (setelah ibunya dibawa ke Qing (Tiongkok)), membenci suaminya yang penjudi, dan sudah tak tahan ditindas oleh ibu mertuanya.

Jo Yi sangat ingin bebas seperti kupu-kupu (lambang yang digunting dari baju seorang mantan suami untuk disematkan di baju mantan istri untuk menandakan mereka kembali menjadi single). Ia ingin hidup lebih bahagia dari sekarang.

Saya belum pernah melihat Kim Hye Yoon berakting jadi saya masih no comment. Yang jelas, karakternya terlihat pemberani dan suara sengaunya menjadi ciri khas tersendiri.

Hakim (magistrate) yang akan memutuskan permohonan perceraian maju-mundur untuk mengabulkan tuntutan Jo Yi yang sudah tidak tahan dizalimi. Diam-diam si hakim menyimpan hubungan rahasia dengan dan menghamili Bo Ri (Chae Won Bin), pemilik tavern (semacam bar yang menjual alkohol) yang merupakan sahabat Jo Yi.

Jo Yi meminta Bo Ri menjadi saksi untuk permohonan cerainya. Naasnya, pada hari pengadilan itu, Bo Ri ditemukan tewas di sungai. Kejadian itu cepat diputuskan sebagai kasus kecelakaan tunggal dan jenazah Bo Ri segera dibakar, tapi Jo Yi tidak percaya begitu saja.

“Kebetulan” Ra Ian dan rombongan melewati sungai tempat jenazah Bo Ri ditemukan. Jadilah jalan nasib mereka berkelindan dan puncaknya adalah Ra Ian mengumumkan kedatangannya sebagai secret royal inspector tepat ketika Jo Yi dan si calon mantan suami hendak menandatangani surat cerai.

Pertemuan yang sungguh bisa menjadi judul sebuah FTV atau fanfic (lihat quote di bawah).

Suami keduaku adalah hakim yang memutuskan perceraianku dengan suami pertamaku.

I mean, kita semua ‘kan tahu siapa male dan female lead dari drama ini. Karakter Ra Ian pasti jadian dengan karakter Jo Yi ‘kan? Jadi quote di atas sudah sangat tepat toh, meskipun cukup cringey.

Apalagi pada episode ke-3 Ra Ian menceritakan sebuah adat yang dinamai seupcheop. Dalam adat itu wanita bercerai yang sedang ada di shrine harus menikahi pria pertama yang dilihatnya lewat.

Lah, Jo Yi tertidur di depan shrine karena kelelahan berjalan. Ra Ian dan rombongan melewati shrine itu dan Ra Ian tersandung kaki Jo Yi yang tertidur dan hal ini menyebabkan ia adalah pria pertama yang Jo Yi lihat ketika membuka mata.

‘Kan ‘kan absurd, kocak, dan klise ala drama Korea? Hahaha.

Di tengah serbuan drama kriminal, kejahatan, dan thriller yang dipenuhi oleh dendam kesumat dan ketidakadilan dan kesadisan, menonton “Joy” ibarat minum es kelapa degan. Segar dan mengatasi kejenuhan.

Lihat Oppa lari-lari sudah bikin saya otomatis senyum-senyum sendiri, hihihi.

Konflik di dalam drama ini berakar pada dua tokoh.

Sebagai secret royal inspector, Ra Ian bertugas mengungkapkan kasus korupsi di daerah, termasuk menemukan bukti kejahatan itu berupa sebuah ledger (jurnal keuangan).

Lama-lama saya tulis juga tentang ada apa dengan nabi (kupu-kupu) dan ledger dari drama sageuk satu ke drama sageuk lainnya.

Sebagai sahabat dan kakak angkat, Jo Yi ingin menemukan siapa pembunuh Bo Ri. Di shrine itu mereka bertemu juga dengan kawanan anak yatim piatu yang sakit berat, merupakan budak, atau dijual oleh orangtua mereka yang tidak bisa membayar pajak.

Konflik tambah pelik karena ada cerita tentang Park Tae Soo, anak haram seorang petinggi di Chungcheong yang membunuh secret royal inspector sebelumnya karena takut korupsinya terungkap, dan berbuat gila karena mendambakan pengakuan dari ayahnya.

Episode 4 pada minggu ini ditutup dengan Park Tae Soo dan Ra Ian berduel untuk mendapatkan Jo Yi. Tae Soo minta Jo Yi menciumnya, sedangkan Ra Ian pantang melihat “istrinya” dihina.

Awww, hatiku.

Penyamaran Jo Yi dan Ra Ian sebagai sepasang suami istri tidak mulus sih. Benar kata temannya Tae Soo, mana ada suami istri yang saling membenci malah ingin menyelamatkan nyawa pasangan yang dibencinya? Dan tidak ada pasangan suami istri yang segitu gampang berciuman di depan umum. Yah, yah.

Kiri: Ra Ian sebagai tawanan Tae Soo. Kanan: Ra Ian sebagai inspector yang beribawa dan punya anak buah.

Kesan pertama saya akan drama ini sangat positif. Mungkin nanti alurnya akan dragging, atau ada banyak scene yang cringey, but it’s okay lah.

Otak saya sudah sangat capek menonton drama kriminal dan zombi sepanjang minggu. Biarkan Ra Ian dan Joy menghibur saya dengan cerita yang nggak kompleks-kompleks amat, tapi tetap menghibur.

2 thoughts on “Kesan Pertama Drama Korea: Secret Royal Inspector Joy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s