My Experience Delivering Third Workshop for Honorary Reporters

How It Was Proposed I emailed Kal Hong, our Honorary Reporters (HR) manager last October to propose a workshop on how to review K-Drama. Apart from Talk Talk Korea (TTK), I also write on other three platforms and my articles about K-Drama (and everything related to it) have been visited by many readers, sometimes as … Continue reading My Experience Delivering Third Workshop for Honorary Reporters

Review Drama Korea: Hospital Playlist Season 2

Bikin ending drama Korea tuh memang susah-susah-susah. Nggak ada yang namanya susah-susah-gampang, apalagi gampang-gampang-susah. Bikin ending yang menjawab semua pertanyaan yang menjadi premis cerita SEKALIGUS menyenangkan hati semua netizen itu mustahil bin mustahal. Nggak bisa memuaskan semua pihak dengan berbagai kepentingan. Screen time terbatas. Waktu syuting susah dan rempong bener karena lagi pandemi; perlu cek-ricek-riricek … Continue reading Review Drama Korea: Hospital Playlist Season 2

Review Drama Korea: Taxi Driver

Menonton drama Korea "Taxi Driver" rasanya seperti napak tilas ke kehidupan saya di Surabaya pada tahun 2005. Ada taksi deluxe (mobeom taxi) berwarna hitam yang setara dengan Silver Bird oleh perusahaan taksi terkemuka Blue Bird. Ada juga taksi biasa berwarna oranye yang mengingatkan saya pada taksi Orens yang ketika itu dikelola oleh perusahaan car-rental terkemuka, … Continue reading Review Drama Korea: Taxi Driver

Jangan Merampas Hak Anak untuk Berjuang (Belajar dari Drakor “Reply 1988”)

Mari belajar tentang pengasuhan dari drama Korea Reply 1988. Dari 5 orang sahabat yang ada di dalam drama ini Deok Seon, Taek, Dong Ryong, Jung Hwan, dan Seon Woo, saya akan menyorot pengasuhan di keluarga Jung Hwan.

Ke Restoran Korea, yang Pertama dan Utama Cek Rasa Kimchi-nya!

Foto di atas diambil tahun lalu. Seorang teman baik saya yang berasal dari Korea pindah ke Bandung karena pekerjaan. Kami mengunjunginya karena ia baru melahirkan sekalian temu kangen. Dulu kami bertetangga dekat, sering pergi makan dan belanja bersama, dan sekarang kami terpisah jarak 100 kilometer lebih. Pertemuan kali ini memang terasa sangat berbeda. Sebelum kami … Continue reading Ke Restoran Korea, yang Pertama dan Utama Cek Rasa Kimchi-nya!

Terlalu Rajin Bertanya, Malu-Maluin

Enggak, tulisan kali ini bukan untuk mengecilkan hati orang yang rajin bertanya karena benar-benar tidak tahu, tapi untuk mempertanyakan alasan orang yang terlalu rajin bertanya karena malas mencari tahu. Lho, kok bisa, bukannya bertanya memang buat mencari tahu? Iya, kalau benar-benar tidak tahu, perlu untuk tahu, dan mencari tahu dengan usahanya sendiri terlebih dahulu sebelum … Continue reading Terlalu Rajin Bertanya, Malu-Maluin

Pengorbanan

Pengorbanan yang didasari oleh kerelaaan hati sendiri, tanpa paksaan dari pihak mana pun,apakah masih bisa disebut sebagai pengorbanan? Pengorbanan yang didasari oleh kesadaran bahwa tidak ada cara lain, tidak ada jalan alternatif, harus begitu apa boleh buat, apakah masih bisa disebut sebagai pengorbanan? Pengorbanan karena ada kewajiban yang ditunaikan, hak orang lain yang harus dipenuhi, … Continue reading Pengorbanan