IG Live 10 April 2021: Drama Korea “Vincenzo” dan Mengenal Hukum Properti

Saya sangat bersyukur atas kemajuan teknologi. Pascapandemi ketika hidup menjadi terkungkung di antara keempat dinding rumah, kehidupan kita tidak serta merta berjalan di tempat. Dunia maya, sebagaimanapun tidak nyata dan tidak bersifat fisik, adalah dunia juga. Di dalamnya ada warganya, para netizen, dan aktivitasnya.

Setelah pandemi merebak di seluruh dunia kita jadi tambah bergantung pada teknologi. Kontak fisik dan social distancing boleh dianjurkan, tapi jika relasi kita dengan sesama manusia pun dihentikan, apa jadinya dengan kemanusiaan kita? Bagaimana kita menjalani natur kita sebagai makhluk individual sekaligus makhluk sosial?

Untung ada teknologi yang mendekatkan kita. Untung ada teknologi yang membuat kita tak berjarak. Teman-teman saya di komunitas Ibu Profesional sudah mendirikan Hexagon City, kota virtual pertama di Indonesia yang memecahkan rekor dari MURI. Keberhasilan mereka adalah contoh bahwa tidak ada yang tidak mungkin dilakukan di saat teknologi tersedia.

Informasi, ide, inspirasi, dan sebagainya mudah sekali dipertukarkan di masa ini. Dengan semangat demikian, komunitas Drakor Class yang saya banggakan memilih untuk berbagi tidak hanya lewat tulisan di blog http://www.drakorclass.com. Kecintaan pada drama Korea dan literasi juga membuat peluncuran program bincang-bincang yang rutin via IG Live.

Mengapa program IG Live dirasa perlu? Karena drama Korea tidak terbatas hanya pada aktor dan aktrisnya yang cakepnya kebangetan, atau alur ceritanya yang menarik, atau Original Soundtrack-nya yang bikin baper. Tidak, esensi drama Korea jauh melampaui itu semua. Sebagai produk kebudayaan, drama Korea atau yang lazim kita sebut drakor, adalah jendela bagi kita untuk melongok kebudayaan negara lain dan kita perlu mengobrol tentangnya.

Tak kenal, maka tak sayang. Tak berbincang, maka tak tahu. Tak bertanya, maka tak tambah tahu.

Salah satu aspek yang bisa dipelajari lewat drakor adalah mengenai aplikasi hukum di Korea Selatan. Ada berjuta-juta judul drakor dengan genre hukum, kriminal, dan court room yang diproduksi sejak tiga dekade terakhir. Banyak yang ditayangkan juga di stasiun televisi Indonesia, tapi hanya sedikit yang diingat.

Yang lebih diingat justru drakor dari genre romantic-comedy seperti “Full House” (2004) yang dibintangi oleh Rain dan Song Hye Kyo. Walaupun dramanya ringan, ujung pangkal permasalahan yang menjadi premis dari drama ini sebenarnya adalah masalah hukum.

Bagaimana mungkin seorang gadis muda (Song Hye Kyo) pergi berlibur dan ketika pulang mendapati rumahnya sudah dijual ke pihak lain (Rain) tanpa sepengetahuan dirinya?

Terlihat mustahil ya? Iya, tapi itu mungkin terjadi.

Kok bisa? Tentu saja, karena hukum yang ditunjukkan dipakai di drama ini adalah hukum jual-beli properti di Korea Selatan dengan segala mekanismenya, bukan hukum jual-beli properti di Indonesia yang kita tahu membutuhkan kehadiran notaris, saksi, dan berbagai syarat legalitas lainnya.

Ini kembali lagi ke perkara melihat kebudayaan Korea Selatan lewat jendela drakor. Dan tim IG Live dari Drakor Class secara rutin akan menghadirkan sesi bincang-bincang yang pasti menarik diikuti. Sabtu besok tema bincang-bincangnya adalah seputar hukum properti di Negeri Ginseng tersebut.

Dengan mengacu pada drama yang mana? Tentu saja pada drakor yang sedang hits karena dibintangi oleh Song Joong Ki yang berjudul “Vincenzo” dan saat ini sedang ditayangkan di Netflix.

Perannya sebagai pengacara bernama Vincenzo Cassano yang mewakili sebuah keluarga mafia di Italia sangatlah tidak biasa. Tindak-tanduknya seputar properti Geumga Plaza di kota Seoul juga tak kalah tak biasa.

Bagaimana mungkin memindahkan emas senilai milyaran Won dari basement plaza itu, apalagi kalau kepemilikan plaza tersebut sudah berpindah tangan ke pihak Perusahaan Babel?

Nah lho, penasaran ‘kan? Bincang-bincang besok di IG Live tidak untuk memprediksi ending dari drakor “Vincenzo”. IG Live “Drakor Saranghae” besok adalah untuk membuka wawasan kita tentang hukum jual-beli, sewa-menyewa, benda, pengikatan, dan seterusnya. Tak lupa kita akan membandingkan praktik di Korea Selatan dan di Indonesia. Pokoknya banyak sekali deh yang mau dibahas.

Kalau kamu saat ini memiliki posisi sebagai pemilik properti yang disewakan (landlord) atau penyewa dari properti yang disewakan (tenant), acara ini pasti bermanfaat untuk kamu. Mari bergabung dengan kami besok, ya!

IG Live “Drakor Saranghae”

Sabtu, 10 April 2021 pukul 7.30 malam

Drama Korea “Vincenzo” dan Mengenal Hukum Properti

Hanya di Instagram @drakorclass

One thought on “IG Live 10 April 2021: Drama Korea “Vincenzo” dan Mengenal Hukum Properti

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s