Dispatch dan Gosip yang Memerdekakan

Hai kamu, pencinta dunia entertainment di Korea Selatan. Tentu kamu tidak asing lagi dengan Dispatch yang malang-melintang menghiasi timeline media sosialmu dengan kabar-kabar terbaru tentang artis-artis di Korea Selatan sana. Tentu saja berita-beritanya tidak jauh dari urusan kamar tidur, yaitu seputar pendekatan, pacaran, pertunangan, pernikahan, perceraian, kehamilan, sampai kelahiran anak.

Berselancarlah di media company di negara mana pun dan kamu akan menemukan perusahaan-perusahaan dengan natur yang kurang lebih mirip. Ada Entertainment Weekly di Amerika Serikat, Lambe Turah di Indonesia, Mirror di Inggris, semuanya melahap berita seputar kamar tidur tersebut dengan antuasiasme yang sama.

Kenapa bisa begitu? Apa menariknya mengikuti dan membahas kehidupan pribadi orang lain?

Tentu saja menarik, apalagi kalau yang diikuti dan dibahas adalah kehidupan pribadi artis. Artis adalah orang yang bukan lagi milik dirinya sendiri. Dia adalah properti publik. Semua tindak-tanduknya diamati, semua perkataannya dianalisa, semua pemikirannya dipertanyakan. Jadi saya heran dengan Meghan Markle yang terkaget-kaget dengan kehidupan keluarga Kerajaan Inggris, merasa dikucilkan, merasa tidak didengar, dan lain sebagainya.

Hello, you did know what you got yourself into when you married the prince, right?

Sori, jadi ngomongin Meghan. Soalnya saya fans Pangeran William dan Kate dan tidak terima dengan Meghan yang memengaruhi Pangeran Harry untuk mem-bashing keluarganya sendiri. Grrr.

Oke, kembali ke Dispatch. Buat kamu yang belum pernah mendengar nama ini, saya kasih tahu sedikit ya tentang media company ini.

Dispatch adalah perusahan di Korea Selatan yang sejak tahun 2008 menjadi salah satu sumber terpercaya untuk foto paparazzi dan berita dari selebriti-selebriti yang berkencan (celebrity dating news). Tidak hanya seputar urusan kamar tidur, Dispatch juga meneliti dan mengungkapkan informasi yang terkait dengan kejadian-kejadian yang kontroversial. Jadi, Dispatch ini dapurnya mengepul bukan hanya karena gosip, ya guys, mereka juga news company selayaknya media massa konvensional lainnya seperti televisi, koran, dan majalah.

Bagaimana Dispatch mengawali sepak terjangnya di industri ini?

Beberapa reporter dari Sports Seoul mendirikan Dispatch sebagai platform media yang meliput berita-berita yang menarik dan tidak terbatas pada trending topic. Selama bekerja di Sports Seoul, para reporter ini harus terus menulis berita-berita yang up-to-date karena itu adalah sumber pendapatan bagi pemilik Sports Seoul, karena berita-berita yang bukan trending topic tidak menghasilkan uang dan bukan prioritas.

Tidak demikian halnya di Dispatch. Selama 13 tahun terakhir, Dispatch justru menghasilkan berita-berita yang menjadi trending topic. Gosip-gosip seputar selebriti yang berhembus kencang dan sering sekali disangkal, ditangkis, dan diredam oleh agensi para selebriti itu sering sekali terkonfirmasi berkat foto-foto paparazzi yang diunggah oleh Dispatch.

Sepertinya pepatah “tidak ada asap kalau tidak ada api” dan “gosip adalah kebenaran yang tertunda” cocok diberlakukan untuk celebrity dating news yang diedarkan oleh Dispatch. Sangat jarang gosip-gosip itu tidak berujung benar kalau Dispatch sudah memberitakannya.

Dispatch, atau bernama resmi Korea Dispatch, dapat ditemui di situs koreadispatch.com dan media sosial lain seperti Instagram (@koreadispatch) dengan 8.3 juta followers. Apakah kamu termasuk salah satunya? Saya sih tidak, hehehe. Saya cukup membuka salah satu grup Whatsapp untuk mendapatkan berita terbaru dari Dispatch lewat chingudeul saya.

Berita hari ini yang dikonfirmasi oleh Dispatch, walaupun disangkal habis-habisan oleh kedua artis dan agensi para artis itu, adalah berita berkencannya Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyun. Buat kamu yang belum begitu familiar dengan kedua nama itu, sini saya segarkan kembali ingatan kamu.

Seo Ji Hye berperan sebagai Seo Dan, tunangan selama 7 tahun (!) dari Kapten Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) yang berperan sebagai tentara di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan.

Kim Jung Hyun berperan sebagai Alberto Gu alias Gu Seung Joon, mantan calon (apa pula istilah ini) tunangan dari Yoon Se Ri (Son Ye Jin) yang berperan sebagai pengusaha wanita sukses dari Seoul.

Yap, betul sekali, mereka berempat berakting di drama absurd nan fenomenal “Crash Landing on You” (akhir 2019 – awal 2020) yang sukses menghadirkan “CLoY” Fever dan menghasilkan pasangan baru pada awal tahun ini. Mereka adalah tak lain dan tak bukan … Hyun Bin dan Son Ye Jin.

Setelah menyangkal selama bertahun-tahun, walaupun gosipnya mereka sudah menjalin hubungan sejak bulan April tahun lalu setelah wrap up party dari drama “CLoY”, akhirnya sepasang sejoli ini mengakui juga bahwa hati mereka berdua sudah terpaut. Sebentar lagi kita bakal kondangan online, nih. Halah.

Nah, hari ini nih Dispatch memberitakan bahwa para second lead di drama itu, yang nasibnya berkelindan begitu tragis dengan nasib si tentara ganteng (tapi pembohong) dan si pengusaha cantik (tapi cadas), ternyata pacaran juga dan hubungan mereka sudah berjalan selama satu tahun terakhir.

Ya, gempar dunia persilatan!

Tidak disangka, tidak diduga, drama semanis dan sebaper “CLoY” bisa menghasilkan dua pasangan sekaligus. Ujung-ujungnya indah ya, Kawan, para first lead jadian, dan para second lead juga tidak ketinggalan menjalin asmara. Bayangkan kalau yang jadian bersilangan antara first dan second lead, misalnya pasangan Hyun Bin dan Seo Ji Hye, kemudian pasangan Kim Jung Hyun dan Son Ye Jin. Netizen dijamin bakal merasa kecut berabad-abad.

Mengapa berita yang diturunkan oleh Dispatch cenderung benar? Hal itu disebabkan oleh ketekunan tim Dispatch mengikuti obyek dari pemberitaan mereka, yaitu para artis. Dispatch memiliki pengetahuan mendalam akan artis-artis di sana, mulai dari pemain film dan drama, penyanyi, idol, dan lain sebagainya, dan Dispatch juga tidak segan menguntit dan mengabadikan pertemuan-pertemuan rahasia mereka.

Saya bersimpati dengan para artis, selebriti, dan figur publik lainnya yang seakan-akan kehilangan hak atas kehidupan pribadi mereka. Itu hanya occupational hazard, resiko dari profesi yang mereka pilih. Semakin tinggi pohon, akan semakin kencang anginnya. Semakin tinggi posisi seseorang yang memungkinkannya dilihat dan dijadikan panutan, akan semakin banyak angin yang bisa mengganggunya. Semuanya dimulai dari berita yang berkaitan dengan pekerjaan (menerima/menolak/ditawari sebuah proyek drama/film/iklan/dan sebagainya) sampai berita yang berkaitan dengan urusan kamar tidur tadi.

Kembali ke berita dari Dispatch hari ini tentang Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyuun.

Jika menilik natur orang Korea Selatan yang sangat jarang menjamu tamu di rumah dan lebih memilih bersosialisasi di kafe, mal, atau tempat keramaian lainnya, maka sanggahan dari agensi kedua artis ini bahwa mereka berdua bertemu di rumah karena tidak bisa bertemu di tempat publik akibat Covid-19 terdengar … cukup basi.

Berdiskusi tentang kepindahan Kim Jung Hyun dari agensinya yang sekarang ke agensi yang menaungi Seo Ji Hye bisa dilakukan via telepon, video call, Zoom, dan sejuta cara lain kalau concern-nya benar-benar menyangkut Covid-19. Akan tetapi, berita dari Dispatch disertai dengan foto-foto yang menunjukkan mereka berdua berada di tempat parkir sebuah kompleks apartemen.

Bagaimana netizen tidak curigation? Ini adalah sebuah petunjuk akan pertemuan yang lebih akrab dari sekedar pertemuan antarkolega. Hehehe.

Gosip itu menghibur di tengah keruwetan dan problematika kehidupan sehari-hari. Mendengar masalah orang lain bisa membuat kita teralihkan sejenak dari masalah kita, atau dari kehidupan kita yang biasa-biasa saja, yang normal-normal saja, dan yang minim konflik.

Gosip bisa jadi memerdekakan ketika ia dikonfirmasi kebenarannya. Gosip tidak mudah padam. Begitu api gosip dipantik, nyalanya akan bertahan dalam waktu yang lama. Publik tidak akan puas sampai ada bukti nyata, sampai ada kebenaran yang tak terbantahkan bahwa gosip hanyalah gosip dan bukan kejadian sebenarnya.

Contohnya gosip hubungan antara Song Joong Ki dan Song Hye Kyo pada tahun 2016 sampai bulan Juli 2017 ketika mereka mengumumkan akan menikah.

Mantan pasangan ini tutup mulut ketika dijodoh-jodohkan oleh media dan dielu-elukan oleh fans sebagai Song-Song Couple. Tidak adanya konfirmasi akan kebenaran gosip itu membuat para penggemar mereka tetap menyimpan benih harapan bahwa cinta itu memang terjalin (eciyeh).

Begitu Song-Song Couple mengumumkan rencana pernikahan, seluruh warga dunia yang mengikuti perkembangan dunia entertainment di Korea Selatan bersorak gembira! Ternyata gosip itu benar, ternyata kebenaran itu nyata, para artis itu hanya menunggu saat yang tepat untuk mengungkapkannya ke publik.

Sentimen yang sama juga terjadi pada gosip hubungan antara Hyun Bin dan Son Ye Jin yang berhembus sejak mereka membintangi film “The Negotiation” pada tahun 2018.

Chemistry mereka yang tumpah-tumpah di layar (walaupun mereka hampir tidak pernah berada pada setting yang sama selama proses filming) dan keakraban mereka selama menjalani press tour membuat para penggemar mulai berhalusinasi. Apalagi ketika Hyun Bin dan Son Ye Jin terfoto oleh Dispatch sedang berbelanja bersama di sebuah supermarket di Amerika Serikat.

Gosip dan halusinasi berkorelasi erat. Semakin kuat gosip berhembus, semakin berakar halusinasi dari para penggemar, dan industri entertainment memanfaatkan betul simbiosis mutualisme seperti itu. Pemasangan Hyun Bin dan Son Ye Jin di dalam drama “Crash Landing on You” bukanlah tanpa perhitungan. Para produser, sutradara, dan sebagainya memanfaatkan citra dan ekspektasi yang sudah publik miliki terhadap pasangan ini.

Dan begitu Son Ye Jin memfoto kue yang dikirim oleh someone special-nya pada hari ulang tahunnya tanggal 11 Januari lalu, gemparlah dunia per-oppa­-an. Bah, disangkal-sangkal ternyata jadi juga, dan Dispatch lagi-lagi memegang peranan penting dalam menyalurkan gosip berita dan foto-foto yang membahagiakan dan selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemar kedua artis ini.

Gosip yang terkonfirmasi oleh Dispatch memerdekakan khayalan para penggemar untuk sesuatu yang lebih nyata. Lihat saja, tahun depan, 1 tahun setelah Hyun Bin dan Son Ye Jin resmi jadian, pasti ada “tuntutan” dari netizen untuk meresmikan hubungan itu dalam bentuk pernikahan. Setelah itu netizen pasti bertanya-tanya kapan punya anak, mau punya anak berapa, bakal tinggal di mana, disertai doa kencang semoga mereka dapat langgeng bahagia seperti pasangan Rain dan Kim Tae Hee. Hahaha.

Dan itu tidak berlaku untuk pasangan Hyun Bin dan Son Ye Jin saja, tapi untuk semua pasangan yang entah untungnya atau sialnya memiliki kehidupan asmara yang terungkap ke publik (dengan atau tanpa persetujuan mereka) gara-gara campur tangan Dispatch.

Sebagai penggemar drakor wonderland saya akan selalu berterima kasih pada media company semacam Dispatch. Berita-berita mereka bagaikan angin segar di tengah udara yang panas. Khusus untuk berita yang membahagiakan, ya, karena berita seperti putus pacaran dan perceraian mah ke laut aja.

Terkadang saya heran buat apa saya peduli akan urusan pribadi artis-artis itu? Kata kuncinya adalah ini: entertainment. Dan tidak ada hal yang semenghibur seperti gosip. Semakin digosok semakin sip.

Psst … apa sumber berita andalanmu untuk gosip seputar artis Korea Selatan? Walaupun sering mendapat forward berita dari Dispatch di grup-grup Whatsapp, saya selalu mengutamakan membuka Instagram karena gosip yang beredar di sana selalu terbukti kebenaraannya, seperti yang saya tulis di sini.

One thought on “Dispatch dan Gosip yang Memerdekakan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s