Sistem – Rekrutmen – Program Kerja

Semua hal membutuhkan sistem. Semua hal. Mulai dari unit terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga, sampai unit yang besar seperti sekolah dan bisnis. Alam juga memiliki sistemnya sendiri yang kita kenal sebagai ekosistem. Di dalam ekosistem ada anggota/pelaku, ada simbiosis (jenis relasi) di antara para anggota ekosistem, dan ada input-proses-output. Oleh karena saya berorganisasi sejak muda … Continue reading Sistem – Rekrutmen – Program Kerja

Tips Membuat Perpustakaan di Rumah

Halo, para pembaca budiman. Apakah Anda suka membaca, memiliki (kelewat) banyak buku, atau membutuhkan inspirasi untuk membuat sebuah ruang kerja di rumah? Jika demikian, tulisan ini untuk Anda. Perpustakaan berperan penting dalam perjalanan hidup saya, mulai dari usia belia sampai sekarang. Saya pernah ceritakan di sini bagaimana perkenalan pertama saya dengan karya fiksi adalah melalui … Continue reading Tips Membuat Perpustakaan di Rumah

Perpustakaan di Kotaku

Tidak ada perpustakaan di kotaku. Sepertinya sih begitu. Aku mencari di Google dan bertanya di akun Twitter yang memberi informasi seputar kota tempat aku tinggal dan tidak ada yang bisa memberikan jawaban yang memuaskan. Setiap sekolah punya perpustakaan. Setiap instansi pemerintah (kebetulan kota mandiri tempatku tinggal bersebelahan dengan pusat pemerintahan kabupaten) seharusnya punya perpustakaan sendiri. … Continue reading Perpustakaan di Kotaku

21 April, 21 Jam Tanpa Internet

Gimana rasanya? Senang, sedih, kesal, biasa aja? Anxious yang pasti karena kok ya mati pas hari yang penting buat kami sekeluarga? Jadi, hari ini adalah hari pertama dari rangkaian virtual book week di sekolah anak saya. Ini adalah book week pertama yang diselenggarakan online dan saya tahu benar sekolah mereka berusaha memasukkan semua kegiatan yang … Continue reading 21 April, 21 Jam Tanpa Internet

Masih Tentang Pertukangan

Masih seputar pertukangan. Malam ini saya pergi dengan ibu dan adik saya ke toko bangunan besar untuk belanja cat tembok, cat plafon, pokoknya cat, deh. Memang benar kalau renovasi itu rentan merembet ke sana-sini yang bisa berakibat pada membengkaknya budget. Tapi atas nama slogan "sekalian kerja, sekalian kotor", sebaiknya memang setelah ganti kusen dilanjutkan dengan … Continue reading Masih Tentang Pertukangan