Kesan Pertama Drama Korea: 2521

Hangat. Satu lagi drama bergenre slice-of-life yang mampu menghangatkan hati kita di tengah musim hujan ini.

“2521” adalah drama bergenre komedi romantis dan coming of age, suatu masa yang canggung di mana remaja mencari jati dirinya sebagai pemuda dan dunia tidak lagi seramah rumah dan orang tua.

Tokoh Utama

Nam Joo Hyuk adalah Baek Yi Jin, seorang mahasiswa yang sudah menempuh 2 tahun pendidikan di departemen engineering Universitas Yonsei, salah satu universitas paling bergengsi di Korea Selatan.

Saat krisis moneter melanda dunia dan menghantam terutama Asia pada tahun 1998, Korea Selatan termasuk salah satu negara yang berhutang pada IMF. Krisis itu mengakibatkan banyak bisnis gulung tikar termasuk perusahaan dari ayah Yi Jin.

Yi Jin yang kaya raya, hidup nyaman dengan ketampanan yang membuat banyak wanita menyukainya dan sports car terbaru berwarna merah, tiba-tiba terhempas ke sebuah kamar yang lebih mirip gudang di rumah orang lain.

Sebatang kara dengan orang tua yang bercerai di atas kertas supaya penagih hutang tidak mengejar ibu dan anak-anak keluarga Baek, Yi Jin berada pada titik terbawah di dalam hidupnya.

Pakaiannya mungkin masih mencerminkan sisa-sisa kejayaan keluarganya, tapi sekarang Yi Jin hanya bekerja sambilan di tempat rental komik, serta menjadi pengantar koran dan susu. Setelah beberapa waktu dia belum juga mendapat pekerjaan karena hanya memiliki ijazah SMA.

Dari pekerjaan sambilannya di tempat rental komik Yi Jin bisa bertemu dengan Na Hee Do (Kim Tae Ri) seorang atlet fencing (anggar) yang dianggap prodigy ketika kecil, tapi tidak berkembang banyak seiring dengan pertambahan usianya.

Klub anggar di sekolah Hee Do dibubarkan karena ketiadaan dana. Hee Do yang mengidolakan Go Yu Rim (Bona) melakukan segala cara supaya ia dikeluarkan dari sekolahnya yang sekarang dan bisa pindah ke SMA Taeyang (taeyang berarti matahari), tempat Go Yu Rim bersekolah.

Segala cara itu termasuk ikut tawuran dan pergi ke klub malam (di mana dia tidak sengaja bertemu Yi Jin yang sedang minum-minum), pokoknya segala cara supaya ia ditangkap polisi dan dikeluarkan dari sekolah.

Karakternya nekat, ceria, pokoknya fun banget. Dia tidak berpikir panjang dan tidak berpikir strategis, gaya berpikir, berbicara, dan bertindaknya persis kayak banteng. Seradak-seruduk.

Kehidupan baru Hee Do di SMA Taeyang dan klub anggarnya segera dibuat meriah oleh kehadiran tiga orang teman baru, termasuk rivalnya Yu Rim yang membenci, takut, sekaligus iri hati pada Hee Do.

Tokoh Pendukung

Go Yu Rim adalah peraih medali emas di Olimpiade. Dia digadang-gadang sebagai atlet anggar terbaik se-Korea Selatan. Kehadiran Hee Do membuatnya merasa terancam, apalagi ketika Coach Yang melatih Hee Do secara khusus dan Yi Jin terlihat sangat menaruh perhatian pada Hee Do.

Ketika keluarga Yi Jin masih kaya raya mereka menjadi sponsor Yu Rim setiap kali dia bertanding. Yu Rim memang tidak datang dari keluarga kaya. Ibunya membuka kedai kecil dan ayahnya adalah supir truk yang jarang berada di rumah. Oleh karena itu, Yu Rim dan Yi Jin sudah saling mengenal sejak lama.

Yu Rim yang menjadi idola banyak orang secara khusus diincar oleh Moon Ji Woong (Choi Hyun Wook), teman sekelasnya. Yu Rim juga sekelas dengan Hee Do dan Ji Seung Wan (Lee Joo Myung), si banjang, atau class president.

Ji Woong dan Seung Wan adalah teman dari orok karena ibu mereka berdua juga berteman. Gara-gara sering disangka sebagai pasangan, Ji Woong belum pernah bisa mendapat pacar.

Pada akhir episode ke-4 kelima tokoh ini sudah berkumpul di rumah Seung Wan yang sekaligus menjadi tempat kos Yi Jin dan sekaligus tetangga bagi Hee Do. Yu Rim dan Ji Woong tidak tinggal di lingkungan itu dan harus naik bis untuk datang ke sana.

Pada akhir episode ke-4 anak dari Hee Do, yaitu Kim Min Chae (Choi Myung Bin) menemukan foto lima sekawan ini ketika dia sedang minggat ke rumah neneknya (ibu dari Hee Do).

Di sana terungkap bahwa ibu Hee Do baru bertemu dengan Yi Jin. Hee Do yang terlihat kaget menjadi bahan spekulasi netizen:

Apakah Hee Do dan Yi Jin tidak bersatu?

Siapakah ayah dari Kim Min Chae?

Mengapa nama keluarga Min Chae berbeda dengan Yi Jin jika Hee Do dan Yi Jin mempertahankan cinta masa muda mereka?

Berbagai teori dan spekulasi bermunculan, tapi saya ogah ikut serta dalam kehebohan itu. Drama “2521” ini memiliki “Reply Series” vibe yang lebih baik dinikmati tanpa perlu banyak main tebak-tebak buah manggis. Saya percaya penulis skenario dan sutradaranya sudah mempersiapkan yang terbaik untuk para penonton.

Undangan untuk Bernostalgia

Jika “Reply 1988” mengambil setting tahun 1988, tahun yang sangat memorable bagi mereka yang lahir pada tahun 1970, maka “2521” mengambil setting 10 tahun dari itu, pada saat saya berusia 16 tahun.

Berusia 16 tahun, duduk di bangku SMA, dan tidak mengkhawatirkan apa pun selain UMPTN, adalah masa yang sangat menyenangkan. Menonton drama ini membuat saya bernostalgia, dengan tren fashion-nya, tempat permainannya, lagu-lagunya, dan masih banyak lagi.

Inilah yang membuat hati tambah hangat. Bukan hanya soal cerita sederhana tentang persahabatan, cinta, dan bagaimana menjadi dewasa, tapi juga setting tempat dan waktu cerita itu terjadi yang membawa saya dan penonton lain yang seumuran ke lorong waktu nostalgia.

Saya bisa relate dengan banyak hal dari drama ini karena masa remaja saya dihabiskan dalam kurun waktu yang sama. Saya bukan atlet anggar, keluarga saya kala itu tidak jatuh miskin, tapi saya masih ingat bagaimana menjadi muda, galau dengan masa depan, dan berada di negara yang diporakporandakan hutang (dan kekerasan rasial untuk Indonesia).

Harapan Penonton

Terus terang saya tidak memiliki harapan untuk kemampuan akting para pemain drama ini. Saya sudah khatam dengan akting dari Nam Joo Hyuk, tidak ada drama/filmnya yang tidak saya tonton. Saking nge-fans saya pernah menulis lengkap profilnya di blog Drakor Class (silakan berkunjung).

Ini kali kedua saya melihat akting Kim Tae Ri. Di film “Space Sweepers” yang ia bintangi bersama Song Joong Ki, Kim Tae Ri berperan sebagai kapten yang bermulut kasar. Saya sunguh tidak terkesan dibuatnya.

Choi Hyun Wook tampil sangat berbeda di sini dibandingkan sebagai atlet badminton di dalam drama “Racket Boys” dan perundung di dalam drama “Taxi Driver”. Saya senang melihat keberaniannya mencoba berbagai peran.

Akting Bona dan Lee Joo Myung baru pertama kali saya lihat dan so far so good. Yang jelas peran mereka cocok: Bona sebagai Yu Rim yang cantik, tapi pendengki, dan Lee Joo Myung sebagai Seung Wan yang tegas dan pemimpin.

Walaupun mengingatkan pada “Reply Series”, drama “2521” sudah terasa memiliki kharismanya tersendiri. Ah sekarang Sabtu dan Minggu lebih ceria karena ada tontonan yang ditunggu-tunggu.

“2521” bisa ditonton di Netflix dan rencananya akan ditayangkan sebanyak 16 episode.

이진아, 희도야, 주말에 만나자~~~

1615

9 thoughts on “Kesan Pertama Drama Korea: 2521

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s