“The Devil Judge” Episode 11

“The Devil Judge” episode 11 menyisakan banyak keresahan.

Gimana kalau nafsu membalas dendam malah mengakibatkan si pelaku kejahatan bunuh diri?

Kalau sudah begitu, apa lagi yang mau dikejar?

Bukankah tujuan dari balas dendam adalah supaya si pelaku kejahatan membayar semua dosanya, menderita seumur hidupnya, menjalani hari-hari seperti di neraka?

Kalau sudah begitu, kematian malah menjadi jalan keluar yang mudah bagi pelaku kejahatan.

Tembak kepala aja, mati aja, ga ada lagi yang bisa mengejar pertanggungjawaban dari si penjahat.

Duh, merinding nonton TDJ episode 11 apalagi di bagian akhir. Begitulah bukti manusia berencana, tapi kenyataan berkata lain.

Gua kira rencana Kang Yo Han udah sempurna banget.

Sun Ah udah dimanipulasi. Mainin aja emosinya sedikit, ungkit masa lalunya sebagai pembantu. Iming-imingi dengan pengakuan dari orang yang dia anggap master. Kasih kalung itu sebagai bukti bersekutu.

Semuanya rapi. Yo Han sengaja mengumpankan Sun Ah ke Menteri Cha supaya Sun Ah mencarinya untuk meminta tolong.

Nah begitu mereka gang up on Menteri Cha, Yo Han berskenario si ibu menteri bakal beralih ke dia untuk minta tolong, untuk melepaskan diri dari Dewi Persik, eh Sun Ah.

Bener-bener licik bin mengagumkan kau, Yo Han. Siapa sih yang menciptakan karaktermu? Ai mau berguru sama beliau. #ambisipenulis

Sebenernya ya, dari episode 1 sampai 11 Menteri Cha itu mengatakan banyak banget kebenaran.

Kebenaran bisa diciptakan.

Orang ga peduli sama isi berita, yang penting storytelling-nya.

Pemegang kekuasaan bisa menentukan kebenaran.

Apa lagi, ya? Kayaknya banyak banget quote dari Menteri Cha. Kayaknya setiap kali dia ngomong tuh ada benernya dan ada faedahnya.

Anyway, Menteri Cha mati bunuh diri, yeoreobun.

Kayaknya udah ga ada jalan keluar lagi. Sekutunya berguguran satu-satu. Mulai dari dua orang taipan media sampai si presiden boneka.

Anaknya pun diancam dibeberkan masa lalunya. Bawahannya mau memperkarakannya. Sekretarisnya, si orang kepercayaannya resign.

Udah ga ada ampun, semua meninggalkan Menteri Cha.

Apa kelemahan sebenarnya dari si ibu menteri?

Anaknya.

Anak laki-laki satu-satunya yang labil, pemarah, pengkonsumsi obat dari psikiater, dan seterusnya. Daftar ketidakberesan Young Min tuh tak berujung.

Semua yang Menteri Cha lakukan untuk anaknya. Anaknya membuat dia tetap tegar melawan semua musuhnya, menaklukkan semua orang sampai mereka semua bertekuk lutut di hadapannya.

Rencananya sih gitu. Ambisius banget, ya?

Tapi, anaknya pula yang membuat dia jatuh sampai putus asa dan mati.

Duh, jadi ingat tulisan ini dan ini soal anak. Miris banget nonton TDJ. Belum lagi soal rasa bersalah yang pasti mendera Yo Han dan Ga On.

Gimana kelanjutannya di episode 12?

Lanjut nonton, yuk.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s