Review Drama Korea: While You Were Sleeping

Yak, kita kembali lagi dengan review drama Korea.

Setelah mendedikasikan banyak waktu dan tenaga untuk menonton dan mereview My Secret Romance dan Bride of The Water God beberapa bulan lalu, akhirnya saya kembali dengan review drama While You Were Sleeping yang dibintangi Lee Jong Suk dan Bae Suzy. Saya belum pernah menonton drama yang dibintangi Lee Jong Suk jadi saya agak penasaran dengan akting dia. Tahun lalu saya menonton dengan setia drama Uncontrollably Fond yang dibintangi Bae Suzy dan Kim Woo Bin. Drama ini sungguh bikin baper dan ironis karena Kim Woo Bin ternyata beneran sakit (kanker) seperti yang dialami tokoh yang diperankannya dan sekarang sedang menjalani kemoterapi dan perawatan lainnya (semoga Oppa cepat sembuh ya!). Nah di drama ini Suzy berperan sebagai Noh Eul, seorang wanita yang tabah tapi sering sedih dan sering banget ditindas sama orang-orang yang lebih kaya, lebih berkuasa, lebih dll. dibanding dirinya. Jadi waktu saya tahu kalau karakter Suzy di WYWS akan sangat berbeda dibandingkan tahun lalu, saya cukup penasaran dan menantikan drama ini supaya segera tayang.

Dari judulnya mungkin banyak orang yang besar di tahun 90-an seperti saya jadi teringat pada film layar lebar While You Were Sleeping (1995) yang dibintangi oleh Sandra Bullock. Film ini termasuk genre romantis yang bikin termehek-mehek ditambah setting-nya yang shaydu di bulan Desember yang bertabur salju, sedangkan dramanya termasuk genre fantasi, kriminal, dan komedi (cerita romantisnya tidak terlalu ditonjolkan). Jadi ceritanya karakter Suzy (Hong Joo) mempunyai kekuatan supranatural di mana dia sering bermimpi hal-hal yang akan menjadi kenyataan. Mimpi-mimpinya cukup jelas dan setelah dia bangun dia akan menuliskan hal-hal yang dia lihat di serangkaian post it. Jika dia bisa, dia akan berusaha menghentikan/mengubah hal-hal buruk yang dia lihat di dalam mimpinya. Tidak dijelaskan apa yang menyebabkan Hong Joo memiliki kekuatan itu, tapi ayahnya sendiri meninggal karena mengabaikan mimpi anaknya.

Jalan hidup Hong Joo bersinggungan dengan Jae Chan (Lee Jong Suk), seorang jaksa muda, waktu Jae Chan menjadi tetangga baru Hong Joo. Tidak hanya itu, pria yang sedang dekat dengan Hong Joo yaitu Yoo Beom, seorang jaksa yang telah berganti profesi menjadi pengacara kriminal, ternyata adalah mantan guru les Jae Chan waktu dia masih duduk di bangku sekolah. Mereka bertiga bertemu dan baru menyadari kalau ternyata mereka semua saling mengenal di malam Valentine. Hong Joo dan Yoo Beom pergi makan malam dan setelahnya mereka mengalami kecelakaan mobil yang seharusnya menyebabkan seorang polisi bernama Woo Tak (Jung Hae In) meninggal. Yoo Beom yang egois menukar posisi dia di kursi supir dengan Hong Joo yang tidak sadarkan diri. Hong Joo koma selama hampir satu tahun dan ketika dia bangun dia kaget karena ibunya telah meninggal dan dia dituduh sebagai pembunuh karena dia kedapatan duduk di kursi supir waktu polisi datang ke TKP. Ibu Hong Joo harus bekerja keras untuk membayar uang kompensasi kepada keluarga korban dan biaya rumah sakit Hong Joo sehingga suatu hari dia kelelahan dan meninggal.

Jae Chan adalah jaksa yang ditugaskan untuk menangani kasus Hong Joo. Hong Joo berusaha meyakinkannya bahwa dia dijebak, bahwa yang mengemudi dan menabrak adalah Yoo Beom, tapi semua bukti forensik berkata lain. Akhirnya Hong Joo terjun dari atap rumah sakit untuk bunuh diri karena tidak kuat menanggung beban hidupnya. Jae Chan berusaha menangkapnya tapi gagal, dan saat itu juga Jae Chan terbangun dari mimpinya.

Jadi … ternyata Jae Chan memimpikan semua kejadian yang dialami oleh Hong Joo mulai dari makan malam pada hari Valentine sampai saat dia mau bunuh diri. Karena dia tahu Hong Joo dan dia kenal kelicikan Yoo Beom, dia mengikuti mereka keluar dari restoran dan sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil Hong Joo supaya mobil itu tidak menabrak Woo Tak yang saat itu hendak menyeberang jalan. Cerita selanjutnya adalah seputar Jae Chan yang berusaha menyangkal bahwa dia memiliki kekuatan supranatural yang berkaitan dengan Hong Joo, dan Hong Joo yang berusaha menarik hati Jae Chan. Mereka berdua bertemu kembali dengan Woo Tak waktu Woo Tak menjadi polisi yang menahan seorang tersangka pelaku kekerasan rumah tangga. Kasus itu ditangani oleh Jae Chan sebagai jaksa dan juga melibatkan adiknya yang bernama Seung Won. Woo Tak juga mengalami mimpi-mimpi yang berkaitan dengan Jae Chan dan dia berteori bahwa hal itu terjadi karena Jae Chan adalah orang yang menyelamatkan hidupnya. Jae Chan menyangkal teori itu karena bagaimana mungkin dia memimpikan Hong Joo padahal mereka baru saja bertemu. Dia tidak ingat kalau Hong Joo pernah menyelamatkan hidupnya waktu mereka berdua masih remaja.

Drama ini sangat seru. Dalam 16 episode (dari total 32 episode) ada 2 kasus yang ditangani dengan tempo yang pas dan tidak bertele-tele. Para aktor pendukung terlihat sangat meyakinkan, mulai dari pelaku kekerasan rumah tangga sampai dengan pelaku pembunuhan saudara kandung untuk mendapatkan klaim asuransi jiwa. Ketegangan yang dibangun oleh kasus kriminal, perkembangan romantisme dalam hubungan Jae Chan dan Hong Joo, rivalitas antara Jae Chan dan Yoo Beom karena kecelakaan motor yang terjadi di masa lalu mereka, dan dinamika pergosipan dan senioritas di kantor berpadu dengan sempurna. Yang paling fenomenal menurut saya adalah pengibaratan para jaksa yang bertugas di ruang pengadilan seperti para anggota paduan suara dengan jubah mereka. Asli kocak banget!

Lee Jong Suk sebagai Jae Chan berhasil menampilkan karakter yang alay, suka selfie ga jelas, slebor waktu di rumah, kontradiktif, tapi memegang janji. Melihat sikapnya yang berubah-ubah jauh lebih menyenangkan daripada melihat cowok yang pendiam dan dingin. Suzy sebagai Hong Joo juga sangat ekspresif, kocak, polos, dan peduli pada orang lain. Saya malah menduga karakter dia di sini sangat mendekati karakter aslinya di kehidupan nyata. Yang paling bikin ngiler adalah Jung Hae In sebagai Woo Tak. Sebagai polisi muda dengan body yang jadi, baby face walaupun dia berusia 29 tahun, dan manner yang baik, dia adalah second male lead paling kece yang saya lihat sepanjang tahun ini. Woo Tak pakai baju bebas = kece. Woo Tak pakai seragam polisi = WOW, KECE BADAI! Jung Hae In adalah eye candy baru dan semoga dia bisa dapat peran yang lebih signifikan di drama-drama berikutnya ya. Melihat dia seperti melihat Oppa-oppa generasi baru sesudah generasi Lee Min Ho dan Lee Joon Gi.

Kali ini SBS mengambil format yang cukup unik dengan memotong durasi 1 episode dari yang biasanya 60 menit menjadi hanya 30 menit saja. Saya rasa ini cocok untuk drama yang ada unsur kriminal supaya kita bisa sedikit bernafas di fase antiklimaks, dan juga cocok untuk menemani waktu saya menyetrika. Setiap kali saya menyetrika pakaian saya menghabiskan waktu antara 1.5 -2 jam. Kalau menyetrika sambil menonton drama yang 1 episode 60 menit biasanya saya harus menambah waktu 30 menit untuk menyelesaikan episode berikutnya yang sudah terlanjur dimulai. Jadi secara pribadi saya lebih suka drama dengan durasi pendek seperti ini. Oya, saya juga suka tema drama ini karena saya sendiri sering bermimpi tentang orang lain. Tidak, saya tidak punya kekuatan supranatural. Setiap kali saya memimpikan seseorang biasanya saya akan kontak orang itu untuk menanyakan kabar, karena sering kali orang yang saya mimpikan sedang mengalami suatu hal besar dalam hidupnya (detailnya ada di post ini).

Masih ada sisa enam belas episode lagi dan saya sungguh berharap Woo Tak akan muncul lebih banyak (makanya saya pasang foto dia untuk post ini, wkwk). ‘While Were You Sleeping’ bisa disaksikan di kissasian.ch dengan subtitle bahasa Inggris.

PS: review final drama ini bisa dilihat di sini ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s