Marketing dan Promosi Buku “Randomness Inside My Head”

Randomness Inside My Head adalah sebuah buku indie, kumpulan 12 cerpen dalam bahasa Inggris, yang saya terbitkan di akhir tahun 2016. Sebagai penulis indie, kegiatan marketing dan promosi buku ini digagas oleh saya dan dieksekusi dengan bantuan berbagai partner bisnis saya. Selama kurang lebih 8 bulan, kegiatan marketing dan promosi yang sudah saya jalani adalah sebagai berikut:

 

1. Menyelenggarakan Creative Writing Workshop untuk Pelajar Usia 11-18 tahun.

Workshop yang saya buat pertama kali adalah di bulan November 2016 untuk membekali siswa-siswi Sekolah Mentari Cengkareng sebelum mereka mengikuti lomba menulis prosa dan puisi dalam rangka Book Week yang diselenggarakan oleh sekolah mereka. Workshop saya bagi 2, untuk siswa kelas 6-7 dan untuk siswa kelas 8-10, untuk menyesuaikan dengan kemampuan berbahasa dan menulis mereka.

 

 

Di bulan Juni 2017 saya menyelenggarakan workshop yang sama untuk siswa SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta. Workshop kali ini adalah bagian dari serangkaian acara untuk membekali siswa SMAK 1 dengan keterampilan di luar pelajaran sekolah, seperti: fotografi, jurnalistik, make-up, dan menulis.

 

 

Passion saya adalah menulis dan mendidik, dan saya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan dan membantu mengembangkan minat menulis dari anak-anak sekolah tersebut.

 

2. Mengadakan Book Launch.

Pada bulan April 2017 saya mengadakan book launch di Toko Buku Gramedia Mal Central Park, Jakarta Barat. Acara ini disponsori oleh Gramedia, Mal Central Park, EF English Course, O Channel TV, Goodreads Indonesia, Situs Berita Online Tempo.co, dan Tempo Store. Dalam acara ini saya mengadakan talk show dengan para pembaca RIMH versi pertama dan versi kedua yang sekarang beredar di toko buku. Saya juga roll-out secara resmi Creative Writing Workshop untuk sekolah-sekolah yang berada di wilayah Jabodetabek. Sebagai acara penutup ada Reading Out Loud Competition, yaitu kompetisi membaca beberapa paragraf dari buku saya bagi para hadirin dan undangan dari sekolah-sekolah, yang disponsori oleh EF English Course.

 

 

 

3. Mengisi acara talk show di televisi.

Pada bulan Januari 2017 saya diundang ke program Daybreak di World News Channel MNCTV. Dalam program ini saya bicara tentang alasan “Randomness Inside My Head” ditulis dalam bahasa Inggris, apa yang menjadi inspirasi saya untuk menulis, dan proyek-proyek yang akan saya kerjakan setelah RIMH.

 

 

 

4. Menghadiri interview di radio.

Seorang penyiar di Radio Sindo Trijaya 104.6 FM datang ke acara book launch saya. Setelah itu saya diundang untuk menjadi nara sumber di acara Komunitas Buku yang mereka siarkan setiap hari Minggu pukul 10 – 11 pagi. Dalam acara ini saya berbagi pendapat tentang peran talenta dan kerja keras untuk menjadi seorang penulis, arah dan tujuan saya menulis cerita dan menerbitkan buku, dan bagaimana buku “Randomness Inside My Head” telah mengubah hidup saya secara pribadi dan bisa memberi sudut pandang baru terhadap makna kehilangan dan harapan bagi para pembacanya.

 

 

 

5. Berbagi lewat seminar online di TasoLt.

TasoLt didirikan oleh sekelompok anak muda Indonesia yang berkiprah profesional di luar negeri yang ingin memberikan sumbangsih positif kepada Indonesia. TasoLt mengambil format seminar online untuk memberi wadah bagi orang-orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi untuk berbagi dan menginspirasi orang lain. Dalam seminar kali ini saya berpartner dengan Sari Agustia (Tia), teman sekelas waktu kelas 3 SMA, yang sudah menulis novel Love Fate (Elex Media, 2015). Tia adalah salah satu inspirasi saya untuk menulis, dan saya sungguh senang bisa bersama Tia berbagi pengalaman kami tentang menerbitkan buku dari jalur penerbit major dan jalur independen. Untuk informasi lebih lanjut tentang seminar-seminar online yang sudah dan akan diadakan oleh TasoLt, bisa cek website-nya: http://www.tasolt.com dan channel Youtube: TasoLt.

 

 

Di bulan Agustus mendatang saya berencana mengadakan dua buah aktivitas promosi lagi. Aktivitas seperti apakah itu? Nantikan laporan selanjutnya ya!

Terima kasih sudah mengambil bagian dalam perjalanan hidup saya yang satu ini. 🙂

Leave a Reply

