Masih Tentang Sung Hoon dan My Secret Romance

Sung Hoon jadi sorotan setelah main di drama My Secret Romance (2017). Kharismanya sebagai seorang chaebol dengan modal badan atletis dan gaya berpakaian formal memang tidak terbantahkan dan sudah teruji di 2 drama lainnya (New Tales of Gisaeng (2011) dan Nobel, My Love (2015)). Awal kisah My Secret Romance bisa diintip di link ini: https://rijotobing.wordpress.com/2017/05/13/review-drama-korea-my-secret-romance/. Review saya waktu itu belum selesai karena episode yang ditayangkan baru sampai episode 7. Di review sebelumnya saya menyoroti bagusnya animasi yang muncul di setiap permulaan episode, yang cakepnya mengingatkan saya pada komik-komik serial cantik terbitan Elex Media di tahun 90-an.

Setelah episode 7, drama berlanjut dengan kesalahpahaman Cha Jin Wook (Sung Hoon) yang menjadi baik pada Yoo Mi karena mengira adik tiri Lee Yoo Mi (Song Ji Eun) adalah anak dari hubungan satu malam mereka 3 tahun lalu (Dong Goo memang kebetulan banget baru berulang tahun ke-3. Sayang ya, Jin Wook cakep tapi ga bisa menghitung kalau setelah pembuahan, ditambah dengan waktu mengandung, harusnya anak dia masih berumur kurang dari 3 tahun). Kesalahpahaman ini berlanjut ke keterlibatan orang tua Jin Wook dan Yoo Mi, sampai pada satu titik ibunya Yoo Mi memberi tahu di acara TV nasional kalau anaknya pernah berhubungan satu malam dengan Jin Wook yang notabene bosnya di Daebok. Dari sini bencana dimulai karena ibu Yoo Mi juga ga malu memberitahu publik kalau dia mantan artis erotis. Yoo Mi putus dari Jin Wook, pindah kerja ke daerah pelosok karena malu sama rekan kerja dan mungkin sama orang-orang se-Seoul, dan kembali merasa nelangsa. Yoo Mi ini memang karakter yang lemah banget, sedih-putus asa-galau melulu. Nonton dia sama sekali ga menyenangkan, kecuali di adegan dia nyanyi di tempat karaoke karena suara aslinya memang bagus.

Gimana dengan Sung Hoon? Di drama ini Sung Hoon punya beberapa gaya rambut:

 

 

 

 

Bikin dia jadi kelihatan lebih menarik ga? ENGGAK. Saya malah bingung karena seakan-akan ada beberapa aktor yang memerankan Cha Jin Wook. Oke lah kalau gaya rambutnya berbeda antara 3 tahun lalu waktu pertama kali bertemu Yoo Mi dan sekarang. Tapi kalau di masa sekarang dia punya 2-3 gaya rambut, rasanya mengganggu banget. Dari episode ke-8 sampai ke-13 tambah kelihatan kalau aktingnya Sung Hoon tidak terlalu bagus. Dia banyak menunjukkan ekspresi komikal seperti pura-pura terkejut, bengong ga jelas, dan sejenisnya. Bahkan waktu dia mengejar Yoo Mi ke daerah di tepi pantai itu wajahnya ga menunjukkan bahagia yang gimana gitu karena sudah berhasil menemukan Yoo Mi. Dia juga ga marah gimana gitu waktu dia melihat Yoo Mi meluk Jung Hyun Tae. Sebenernya yang ngaku suka duluan si Hyun Tae, tapi yang meluk kan Yoo Mi dan bisa bikin semua jadi salah paham. Pada akhirnya Jin Wook ga marah lho di adegan itu, dia cuma pergi aja dari sekolah tempat Yoo Mi kerja. Beneran cinta ga sih?

Yang menarik dari akting Sung Hoon cuma waktu dia ke restoran milik mamanya, makan sup abalone sambil nangis bombay. Adegan ini tetep kalah mellow dibandingkan Kim Woo Bin yang nangis di Uncontrollably Fond (2016) waktu dia makan masakan buatan ibunya sebelum karakter Woo Bin meninggal (atau ga sih?) di drama itu. Di situ Sung Hoon keliatan beneran sedih, menyesal, dan sebagainya. Tapi eh tapi, ibunya kok lempeng banget sih buat seseorang yang udah lama ga ketemu anaknya? Ga mewek berlebihan gitu padahal katanya udah tahunan ga ketemu Jin Wook. Sebagai seorang ibu yang punya anak laki-laki, rasa-rasanya mustahil buat saya untuk tidak emosional di momen seperti itu.

Gimana Jin Wook dan Yoo Mi bisa bersatu kembali? Ibu Yoo Mi yang memisahkan, dia pula yang menyatukan mereka kembali dengan cara yang sama: curcol di talkshow di stasiun TV nasional, bok. Karakter ibu Yoo Mi memang paling menyebalkan sedunia: kekanak-kanakan, egois, mau menang sendiri. Saya sempat shock pas tau aktris yang sama memerankan ibu Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) di Descendants of The Sun (2016). Untung di DOTS scene di mana ada dia hanya sedikit, haha, karena sungguh saya ga demen sama aktrisnya. Oya, Jin Wook dan Yoo Mi bertemu kembali di pagi hari waktu kantor Daebok baru buka. Mereka ketemu lagi di lobby kantor dengan Jin Wook membuka tangan lebar-lebar untuk menyambut Yoo Mi dannnn … mulai lagilah ciuman berlebihan yang disorot dari berbagai sudut. Yaiks … satu hal yang pasti dari drama ini adalah lust-nya, bukan romance-nya. My Secret Romance adalah drama romance yang tidak menunjukkan perasaan yang berkembang antara karakter utamanya. Ujug-ujug tidur bareng, ujug-ujug ketemu lagi, ujug-ujug seperti pacaran (ga jelas udah jadian atau engga tapi Jin Wook sering main nyosor cium), ujug-ujug pisah, ujug-ujug balik lagi. Dan konyolnya waktu pernikahan ibu Yoo Mi, Jin Wook baru sadar kalau bra pad yang selama ini dia simpan adalah milik calon mertuanya. Hellowwww?? Kenapa ga dari awal dia tanya Yoo Mi kenapa inisial di bra pad adalah M.H. bukan Y.M.? Bener-bener ga masuk akal.

Katanya 96% dari penonton suka drama ini. Saya terus terang cuma suka lihat Sung Hoon dan Kim Jae Young di sini. KJY sebagai Hyung Tae adalah boyfriend material banget deh, karakter temen-jadi-demen yang bisa diandalkan setiap saat, jauh lebih baik dari karakter Jin Wook yang ga tegas. Di MyDramaList My Secret Romance dapat rating 7.6 dari 10. Saya duga para penonton pada ga suka dari sisi alur cerita, perpindahan adegan, dan ending yang dipaksakan. Seperti webdrama Noble, My Love, MSR juga diburu-buru untuk selesai dengan cepat, dan di kedua drama ini Sung Hoon bisa tampil dengan 2-3 gaya rambut yang berbeda. Why oh why? Noble, My Love adalah 20 episode webdrama sepanjang 300 menit, yang bisa dikompres lagi dari 15 menit jadi 10 menit setiap episodenya, saking banyaknya pengulangan adegan dari episode-episode sebelumnya. Di NML Sung Hoon jadi chaebol juga, dingin dan karismatik juga, cakep juga, dan lawan mainnya sama galaunya dengan Song Ji Eun di MSR. NML bisa disaksikan di kissasiandotcom.

Setelah saya Google ternyata Sung Hoon juga main di Oh, My Venus (2015) sebagai wing man-nya So Ji Sub. Kayaknya saya bakal nonton cuma karena ada So Ji Sub di situ. Memang Sung Hoon terhitung aktor baru sih, baru kurang-lebih 6 tahun saja, jadi aktingnya, pembawaannya belum matang. Secara fisik dia punya potensi karena hellow, mantan perenang gitu lho, tapi secara pembawaan, kharisma, dll. dia beda banget dengan karakter yang dia mainkan. Sering kelihatan kayak orang salah tingkah yang ga tahu harus ngapain di tempat di mana dia berada. Bikin saya ga antusias untuk menonton drama lain dia yang juga lagi tayang (The Idolmaster KR, 2017).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s